Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha dan Energi

 
 
Energi dan Usaha

Usaha

Dalam dunia fisika istilah usaha digunakan untuk mendiskripsikan apa yang dihasilkan ketika suatu gaya bekerja pada sebuah benda. 

\(W=\Sigma \mathbf{F}\cdot \Delta \mathbf{s}\)

W merupakan besarnya usahan (joule), s adalah perpindahan (meter) , F adalah gaya yang bekerja (N). Jika suatu objek melakukan perpindahan sejajar bidang horizontal dan gaya yang diberikan membentuk sudut \(\theta \), maka usaha yang dikerjakan sebesar

\(W=F\cdot s\cdot \cos \theta \)

Energi

Energi dapat diartikan sebagai suatu kemampuan untuk melakukan usaha atau kerja. 

Energi Kinetik 

Energi kinetik adalah energi yang berkaitan dengan gerakan suatu benda. Jadi, setiap benda yang bergerak, dikatakan memiliki energi kinetik.

\(\Sigma W=\frac{1}{2}mv_{f}^{2}-\frac{1}{2}mv_{i}^{2}\)

\(\Sigma W={{K}_{f}}-{{K}_{i}}=\Delta K\)

persamaan ini mendefinisikan teorema energi kinetik-usaha yang menunjukkan bahwa kelajuan sebuah partikel akan meningkat jika gaya netto yang dilakukan padanya positif karena energi kinetik akhir akan menjadi lebih besar daripada energi kinetik awal dan sebaliknya. secara umum dalam mendifinisikan energi kinetik sebuah partikel bermassa m yang bergerak dengan kecepatan v adalah sebagai berikut, 

\(K=\frac{1}{2}m{{v}^{2}}\)

Energi Potensial

Energi potensial adalah energi yang berkaitan dengan kedudukan suatu benda terhadap suatu titik acuan. Dengan demikian, titik acuan akan menjadi tolak ukur penentuan ketinggian suatu benda.

\(W=mg{{y}_{b}}-mg{{y}_{a}}\)

\(W=\Delta {{U}_{g}}\)

persamaan diatas menyatakan bahwa usaha yang menyatakan perpindahan energi kedalam sistem, dan sistem energi muncul dalam bentuk yang lain yaitu energi potensial gravitasi. Maka dari itu besaran mgy sebagai energi potensial gravitasi Ug

\({{U}_{g}}=mgy\)

Energi Mekanik 

Energi mekanik adalah energi total yang dimiliki benda, Energi mekanik sebagai energi total dari suatu benda bersifat kekal, tidak dapat dimusnahkan, namun dapat berubah wujud.

\({{E}_{m}}=K+U\)

K adalah energi kinetik, sedangkan U adalah total dari semua jenis energi potensial. Kekekalan energi mekanik dapat di dituliskan sebagai berikut : 

\({{K}_{f}}+{{U}_{f}}={{K}_{i}}+{{U}_{i}}\)

Nah persamaan ini disebut sebagai Hukum kekekalan energi mekanik untuk sistem yang terisolasi yaitu sistem yang tidak mengalami perpindahan energi melalui batasnya. Sehingga energinya kekal yaitu jumlah energi kinetik dan potensialnya selalu konstan. 

Posting Komentar untuk "Usaha dan Energi"