Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Cerita Matematika Kelas 5 SD Bilangan Pecahan Penjumlahan dan Pengurangan

Halo sobat super..

Pada kesempatan kali ini kita akan berlatih soal-soal cerita operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan matematika untuk kelas 5 SD secara lengkap. Semoga latihan soal-soal ini dapat membantu untuk adik-adik atau para orangtua yang sedang membimbing tugas anak-anaknya.


Jika adik-adik atau para orang tua masih bingung dalam penjumlahan bilangan pecahan, silahkan mempelajari dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan disini. 

Contoh-contoh soal penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dapat dilihat disini.

Langkah-langkah untuk memecahkan soal-soal cerita terkait dengan bilangan pecahan adalah sebagai berikut, pertama cari dahulu variabel yang diketahui dan apa yang ditanya, karena pada kasus ini berfokus pada penjumlahan dan pengurangan maka selanjutnya cari KPK penyebut, kemudian jumlahkan atau kurangi bilangannya. 

Seperti biasanya, kunci jawaban akan diberikan diakhir, diharapkan adik-adik untuk mengerjakan sendiri dahulu baru melihat kunci jawaban untuk mencocokkan hasil. Langsung saja masuk kedalam contoh soal-soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan untuk kelas 5 SD tahun ajar 2020/2021. 

  1. Andi membawa tongkat \(\frac{3}{4} \) meter dan Beni membawa tongkat \(\frac{2}{5} \) meter. Berapa meter jika panjang tongkat Andi dan Beni disambung ? 
  2. Panen jagung ayah yang pertama adalah \(3\frac{1}{4} \) ton. Panen yang kedua sebesar \(2\frac{1}{2} \) ton. Panen yang ketiga sebesar \(4\frac{2}{3} \) ton. Berapakah total panen ayah seluruhnya ? 
  3. Paman Sam memiliki tali sepanjang \(3\frac{3}{4} \) meter. Tali tersebut diberikan kepada kakak \(1\frac{1}{6} \) meter, sisanya diberikan kepada ayah. Berapa panjang tali yang diterima ayah ?
  4. Ibu pergi ke pasar untuk membeli buah-buahan. Pertama ibu membeli jeruk \(2\frac{1}{4} \) kg, lalu ibu membeli mangga \(1\frac{1}{2} \) kg, terakir ibu membeli rambutan \(2\frac{3}{5} \) kg. Berapakah total berat belanjaan ibu ? 
  5. Ibu membeli ubi \(3\frac{1}{4} \) kg, lalu ubi tersebut dimasak sebagian yaitu \(1\frac{1}{2} \) kg. Sisanya yang belum dimasak diberikan kepada paman. Berapa kg ubi yang diberikan kepada paman ? 
  6. Sari membeli jeruk \(4\frac{1}{5} \) kg, kemudian diberikan ke tina \(2\frac{3}{4} \) kg. Sari membeli lagi jeruk kepasar \(\frac{1}{4} \) kg. Berapa kg jeruk yang dimiliki oleh Sari saat ini ? 
  7. Ibu ingin membuat baju, ibu hanya memiliki \(3\frac{1}{5} \) meter kain. Tetapi ibu masih membutuhkan \(\frac{2}{3} \) meter kain lagi yang harus dibeli. Jadi berapa meterkan kain yang diperlukan ibu untuk membuat untuk membuat baju. 
  8. Paman memiliki lahan jagung seluas \(3\frac{1}{6} \) hektar, lahan padi seluas \(5\frac{1}{4} \) hektar, dan lahan ubi seluar \(1\frac{2}{3} \) hektar. Berapa total lahan yang dimiliki oleh paman ? 
  9. Panjang pita yang dibutuhkan Dini untuk membuat hiasan rumah adalah 13 meter. Dini hanya memiliki \(7\frac{1}{2} \) meter, kemudian Aldi memberi pita kepada Dini \(3\frac{1}{3} \) meter. Berapa meter lagi panjang pita yang dibutuhkan oleh Dini untuk membuat hiasan rumah ?
10. Lahan mula-mula pak Anton \(5\frac{1}{2} \) hektar, kemudian Pak Anton membeli lahan lagi seluas \(1\frac{1}{6} \) hektar. 1 tahun kemudian, Pak Anton menyumbangkan sebagian lahannya untuk kebutuhan desa. Sisa lahan Pak Anton saat ini adalah \(4\frac{2}{3} \) hektar. Berapa hektar lahan yang disumbangkan oleh Pak Anton ? 

Contoh-contoh soal cerita untuk perkalian dan pembagian bilangan pecahan dapat dilihat disini.

Kunci Jawaban : 

1.  \(1\frac{3}{20} \) meter

2. \(10\frac{5}{12} \) ton

3. \(2\frac{7}{12} \) meter

4. \(6\frac{7}{20} \) kg

5. \(1\frac{3}{4} \) kg

6. \(1\frac{7}{10} \) kg

7. \(3\frac{13}{15} \) meter

8. \(10\frac{1}{12} \) hektar

9. \(2\frac{1}{6} \) meter

10. 2 hektar


Posting Komentar untuk "Contoh Soal Cerita Matematika Kelas 5 SD Bilangan Pecahan Penjumlahan dan Pengurangan"