Awal Mula Alam Semesta Lahir | Eps. 1

    Halo sobat super, tahu gak sih bila alam semesta kita yang sangat sangat besar ini pada awalnya hanya berukuran setitik kecil yang lebih kecil dari pada titik akhir dari kalimat ini. Yaps sekitar hampir 14 miliar tahun lalu, segala ruang dan zat dan energi yang terkandung dalam alam semesta ini hanya berukuran satu per setriliun dari ukuran titik. Woow terlalu kecil untuk dibayangkan ya sobat super. Nah pada masa itu, keempat gaya dasar alam semesta masih menyatu sobat, lalu jagat raya yang berukuran kecil tersebut mengembang dengan cepat sekali. Kejadian tersebut sekarang kita kenal dengan sebutan "BIG BANG" atau ledakan besar. Namun sobat, sampai saat ini belum ada hukum fisika yang dapat menjelaskan permulaan big-bang terjadi. Lebih tepatnya pada era Planck yaitu selama rentang waktu \(t=0\) sampai \(t={{10}^{-43}}\) detik sesudah awal, dan sebelum alam semesta berukuran \({{10}^{-35}}\) meter. Nah para fisikawan menduga bahwa setelah era Plank tersebut berakir, maka gaya gravitasi lepas dari ketiga gaya-gaya alam semesta lain yang masih menyatu. Itulah alasan mengapa para fisikawa berlomba-lomba untuk menyatukan teori gravitasi dan teori kuantum yang nantinya akan disebut sebagai teori gravitasi kuantum atau yang lebih populer dikenal sebagai theory of everything. 


    Sobat super, setelah era Plank berakhir dan setelah jagat raya menua melebihi \({{10}^{-35}}\) detik, alam semesta terus mengembang dengan cepat sekali. Saking cepatnya mengembang hingga meratakan konsentrasi energi yang membuat gaya dasar lain yang masih menyatu pecah menjadi gaya "elektro lemah" dan gaya "inti kuat". Nah setelah itu, gaya elektrolemah memecah lagi menjadi gaya "elektromagnetik" dan gaya "inti lemah". Itulah sebabnya terdapat 4 gaya dasar pada alam semesta, dan setiap gaya tersebut mempunyai tugasnya masing-masing sobat. Gaya gravitasi bertanggung jawab atas zat-zat yang berjumlah besar, gaya elektromagnetik bertugas untuk mengikat molekul, gaya inti lemah mengendalikan peluruhan radioaktif dan gaya inti kuat mempersatukan inti atom. Satu per setriliun detik sudah berlalu sejak permulaan Big-Bang. 

    Gilaaa keren banget ya sobat, kita baru saja mengetahui apa yang terjadi satu per setriliun detik setelah peristiwa big-bang terjadi. Rasa-rasanya ingin sekali kembali ke masa itu dan menyaksikan betapa dasyatnya peristiwa big-bang yang telah memecah keempat gaya dasar alam semesta ya sobat. Baik baik sobat, tarik napas yang panjang dulu ya sobat karena sebentar lagi kita akan melakukan perjalanan panjang untuk melacak riwayat kita dari awal. huhhh, sambil ditemani minum kopi maupun teh akan lebih menyegarkan pikiran sobat lalu mulailah membayangkan apa yang terjadi pada masa itu sobat. Itu akan menyadarkan kita bahwa kita ini hanyalah butiran debu bintang yang menjadi hidup 😄. 

    Baik sobat setelah kita rehat sejenak untuk membayangkan pada masa itu, mari kita mulai perjalanan lagi untuk melacak riwayat alam semesta. Klik next eps untuk memulai perjalanannya ya sobat dan tentu saja ada kabar yang lebih mendebarkan selama perjalanan kita nantinya 😍. Next Eps 2.

Regard. 

Super Mipa,

Posting Komentar

0 Komentar